Khasiat Beras Merah

May 27, 2012 at 7:34 am Leave a comment

Khasiat beras merah

Kasiat beras merah

gambar beras merah

Khasiat beras merah ternyata masih belum diketahui kebanyakan orang. Mereka hanya tahu bahwa beras merah bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan justru masih banyak yang belum tahu bahwa beras merah mempunyai banyak kandungan zat yang bagus untuk tubuh manusia. Hal ini bisa terjadi karena mereka masih terpaku dengan satu jenis beras saja yaitu beras putih yang padahal kandungan nutrisinya lebih sedikit dibanding beras merah.

Pada dasarnya Khasiat beras merah adalah bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Mengapa bisa demikian? Karena beras merah mempunyai kandungan berbagai zat yang bagus untuk tubuh seperti serat alami, vitamin, dan mineral yang tinggi. Selain zat-zat tersebut, beras merah juga mengandung fenolat dimana zat tersebut merupakan antioksidan kuat, dan zat lain seperti selenium.

Meski demikian, untuk segi kalori tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Satu gelas beras merah mempunyai kalori kurang lebih 232 kalori sedangkan beras putih mempunyai sekitar 223 kalori untuk ukuran beras yang sama. Tapi kandungan zat yang berbeda tersebutlah yang membedakan Kasiat beras merah dibanding beras putih.

Riset tentang Khasiat beras merah

Masyarakat selama ini hanya terpaku pada satu jenis beras saja sehingga mereka hanya mengkonsumsi beras putih saja. Dari hal itulah banyak orang yang menjadi belum tahu akan khasiat beras jenis lain khusunya Kasiat beras merah. Ditambah lagi sifat beras merah yang agak sedikit keras menyebabkan masyarakat tidak suka atau malas mengkonsumsi beras merah.

Experimental Biology Annual Conference telah melakukan sebuah riset di Anaheim, California, AS. Dari penelitian tersebut menghasilkan sebuah penemuan yang cukup bagus, para peneliti menemukan fakta bahwa tekanan darah tinggi dan serangan jantung dapat dicegah dengan 2 jenis beras yaitu beras merah dan beras setengah giling.

Selain mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung, masih ada lagi Kasiat beras merah yang lain diantaranya bisa menjadi pelindung tubuh dari penyakit pengerasan pembuluh darah (arterosklerosis). Maka dari itu beras merah menjadi lebihberkhasiat dibandingkan dengan beras putih.

Seorang professor bernama Satoru Eguci telah melakukan penelitian di Philadelphia, AS dan mendapakan kesimpulan bahwa beras merah bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat obat pencegah penyakit kardiovaskuler.

Sang professor dalam penelitian tersebut menemukan satu buah zat yang terkandung dalam beras merah, yaitu zat angiotensi II. Zat ini menjadikan beras merah sangat dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Karena zat angiotensi II berkhasiat mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan penyumbatan arteri.

Zat angiotensin II ini terdapat pada lapisan beras yang terkelupas ketika proses pengubahan menjadi beras putih dari beras merah. Bila kita menginginkan bagian tersebut tidak terkelupas, sebaiknya saat menggiling menggunakan peralatan tradisional.

Apa saja Khasiat beras merah?

Berikut ini beberapa Kasiat beras merah yang sangat bagus untuk tubuh yang bisa kita jadikan alternative sebgai makanan pokok selain beras putih.

  • Beras merah bisa menghaluskan kulit dan mengatasi alergi
  • Beras merah bisa mencegah penyakit degenerative seperti asma, diabetes melitus, hipertensi, lever, dll.
  • Dengan tingginya kandungan seratnya menjadikan beras merah berkhasiat mencegah penyakit gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol.
  • Beras merah juga bisa digunakan untuk memperkuat tubuh, meningkatkan stamina dan mampu mengatasi cepat lelah.
  • Vitamin B yang terkandung dalam beras merah juga cukup tinggi sehingga beras merah cukup berkhasiat untuk mencegah penyakit beri-beri, rematik, sakit pinggang dan kesemutan.
Khasiat beras merah

Khasiat beras merah

Nah, dengan telah mengetahui Khasiat beras merah seperti yang telah dijelaskan di atas, masih ragukah anda untuk mencoba mengkonsumsi beras merah? Mari sayangi badan kita dan ingat slogan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

About these ads

Entry filed under: manfaat. Tags: , , , , .

beras merah untuk diet Diet Beras Merah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: