Memasak Beras Merah

May 31, 2012 at 8:04 am Leave a comment

Memasak beras merah bukanlah hal yang sulit

Memasak Beras MerahMemasak beras merah memang membutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dengan memasak beras putih biasa. Hal ini dikarenakan sifatnya yang agak keras. Sementara mengingat manfaat beras merah yang sarat akan gizi, maka perlu kita pelajari bagaimana cara memasak beras merah untuk mendapatkan hasil yang enak dikonsumsi.

Masyarakat sekarang ini telah menyadari tentang makanan sehat. Mereka tidak hanya mencari makanan sekedar enak tetapi juga sehat. Kalau kita lihat telah mulai banyak orang yang menjual produk – produk organik. Ini merupakan pertanda yang sangat bagus, karena produk organik mempunyai nutrisi yang lebih bagus dibanding produk non organik. Menurut penelitian, rasapun ternyata lebih enak produk organik. Jadi dengan mengkonsumsi beras merah, kita peduli terhadap kondisi tubuh kita.

Bagi sebagian masyarakat yang peduli akan kesehatan, masalah beras merah yang masih suka keras ketika sudah matang bukanlah halangan untuk mengkonsumsinya. Justru hal ini menjadi keunikan tersendiri dari beras merah. Memasak beras merah menjadi sebuah keasyikan.

Tips memasak beras merah yang empuk

Memasak beras merah memerlukan cara yang sedikit berbeda dengan memasak beras putih. Pertama beras di cuci bersih, kemudian rendamlah beras tadi kurang lebih sekitar setengah jam. Hal ini dilakukan untuk melunakkan beras. Cara ini dapat dilakukan apabila ingin nasinya lebih cepat matang, tetapi tidak masalah juga jika tidak dilakukan perendaman.

Beras ditanak (dimasak dalam air), ukuran air yang digunakan lebih banyak dari ukuran menanak nasi biasa, tetapi jangan terlalu banyak karena khawatir menjadi lembek seperti bubur.

Ketika sudah setengah matang (hal ini terlihat dari habisnya air yang digunakan untuk merebus beras tadi), Kemudian pindahkan nasi ke kukusan atau dandang, bila ingin lebih cepat matang, panaskan air terlebih dahulu dalam dandang, kemudian masukkan nasi tadi dalam kukusan.

Untuk mendapatkan beras merah yang empuk tidak harus selalu dengan dandang, dengan rice cookerpun ternyata bisa. Memasak beras merah dalam rice cooker dilakukan dengan jumlah air dua kali dari air yang biasa digunakan untuk memasak beras putih. Untuk mendapatkan nasi beras merah yang enak, bisa ditambahkan pengharum alami, seperti  irisan jahe dimemarkan, 2 lembar daun salam, satu bonggol serai dimemarkan, 5 cm kulit kayumanis atau 3 lembar daun jeruk yang telah dibuang tulang daunnya. Dengan cara ini beras merah tidak perlu lagi direndam, sehingga lebih menghemat waktu.

Yang perlu diketahui tentang beras merah

Memasak Beras Merah 2Beras merah adalah jenis beras yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki berbagai kandungan vitamin terutama Vit. B dan Vit. E. dan juga serat alami, gizi, serta kandungan mineral yang tinggi. Di samping itu beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, dan masih banyak lainnya. Namun dibalik segudang manfaat yang dimiliki beras merah bagi kesehatan manusia, kita juga harus tahu teknik dan cara memasaknya agar kita mudah dalam mengkonsumsinya.

Seperti kita tahu bahwa kandungan serat beras merah lebih tinggi, jadi memasak beras merah lebih membutuhkan waktu yang relatih lama dibandingkan dengan cara memasak beras putih biasa, sehingga kalau masaknya hanya sebentar dan kurang air, biasanya nasi menjadi kurang matang dan masih keras.

About these ads

Entry filed under: manfaat. Tags: , , , , , , .

Diet Beras Merah Ayam Bakar Mini (ABM)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: